Daftar Isi:
  • Pariwisata sebagai salah satu sektor potensial yang dimiliki oleh Indonesia dikarenakan berbagai kekayaan ekosistem endemik yang dimiliki. Salah satu obyek wisata potensial adalah Taman Nasional Ujung Kulon atau TNUK. TNUK adalah taman nasional yang paling banyak memiliki flora dan fauna yang dilindungi dibandingkan dengan taman nasional UNESCO World Site Heritage lainnya yang berlokasi di Indonesia. Sebagai salah satu pusat konservasi dan pengembangan ilmu pengetahuan, TNUK juga memiliki potensi sebagai obyek wisata yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat, terutama para treveler. Untuk memaksimalkan keunggulan yang dimiliki, dibutuhkan rebranding yang diterapkan kepada kategori sustainability tourism. Sehingga tidak hanya menyajikan wisata alam tetapi juga mengajak pengunjung untuk lebih peduli dan berkontribusi langsung terhadap lingkungan. Untuk menunjang perancangan rebranding, dibutuhkan berbagai informasi untuk mengetahui karakter wisatawan dan brand value dari TNUK, sehingga pengaplikasiannya akan tepat sasaran dan efektif. Diharapkan hasil rebranding ini dapat menempatkan TNUK sebagai sustainability tourism yang dapat sejajar maupun lebih baik dari obyek wisata di Indonesia maupun manca negara. Hasil dari perancangan ini adalah berupa penentuan brand value, brand strategy, brand identity, dan brand guidelines.