Daftar Isi:
  • Sebagai sebuah film tentang perkembangan pandangan dalam suatu agama, Sang Pencerah membuka cakrawala dan pandangan masyarakat tentang sebuah islam yang bernama Muhammadiyah. Pemikiran yang tersaji dalam film Sang Pencerah disampaikan secara baik kepada penonton, tentu saja unsur set dan properti pun mendukung penyampaian pesan dalam film tersebut. Penggunaan set dan properti dalam film tersebut sangat dominan sebagai petunjuk bagaimana alur film ini akan berkembang. Isu yang terlihat jelas dalam film Sang Pencerah merupakan isu sebuah perkembangan pandangan dalam agama Islam. Sebuah tradisi yang menempel dengan ajaran agama membuat set dan property film ini sangat detail dalam perbedaan antara unsur agama dan budaya. Dalam perkembangannya, perubahan set dan properti pada karakter dan juga lingkungan menjadi lebih jelas. Hal tersebut yang muncul dalam beberapa adegan, setting dan properti dalam film Sang Pencerah bisa menggiring opini pada penonton, bahkan memunculkan sebuah kontroversi bagi beberapa kalangan. Perlu untuk membuat sebuah garis pembatas yang bisa memisahkan nilai budaya dan agama dari set dan properti yang dimunculkan. Perkembangan pandangan biasanya memiliki sisi toleransi dan argumentasi, keduanya bisa menjadi sebab akibat yang terhubung secara nyata dalam film Sang Pencerah.