Perancangan kampanye sosial bahaya minuman soda berpemanis berlebihan
Main Author: | Hadiprodjo, Stella |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2029/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2029/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2029/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2029/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2029/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2029/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2029/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2029/ |
Daftar Isi:
- Minuman soda berpemanis memiliki kandungan kimia yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Di Indonesia, minuman soda berpemanis sangat laku di pasaran. Banyak remaja yang belum memiliki kesadaran diri tentang akibat yang dapat ditimbulkan dari minuman soda berpemanis. Maka dari itu dibutuhkan strategi kampanye sosial yang cocok pada remaja, perancangan visualisasi media kampanye sosial yang tepat, dan menyebarkan media kampanye tersebut pada audien. Data didapat melalui pencarian data kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan cara wawancara kepada lembaga atau ahli kesehatan dan target audien, observasi dan studi pustaka. Perancangan dalam kampanye sosial ini yang pertama adalah melakukan riset dari berita, artikel, dan situs lembaga kesehatan, lalu peneliti menentukan masalah yang kemudian disertakan dalam mind map. Setelah mind map, peneliti melakukan brainstorming yang memiliki keterkaitan antara minuman soda berpemanis, kesehatan, dan desain, yang divisualisasikan dalam bentuk poster dan media cetak lainnya. Harapan dari perancangan yang dilakukan adalah timbulnya kesadaran masyarakat akan bahaya mengkonsumsi soda berpemanis berlebihan.