Pemanfaatan pr digital dalam menyosialisasikan program dan kebijakan publik pemerintah provinsi DKI Jakarta (analisis pengelolaan social media Jakarta smart city)

Main Author: Tasia, Aniq
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/201/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/201/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/201/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/201/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/201/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/201/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/201/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/201/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/201/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi komunikasi serta meningkatnya kebutuhan akan informasi yang dapat diakses secara mobile dan respon cepat telah menuntut humas pada instansi pemerintahan untuk bertransformasi ke digital. Pemanfaatan social media dilakukan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat mengenai program dan kebijakan pemerintah, sehingga menciptakan pemahaman masyarakat akan program-program yang sedang maupun yang akan dilaksanakan. Untuk mengetahui hal ini secara mendalam, penelitian ini menggunakan model strategi social media yang ditulis oleh Deidre Breakenridge yang dimulai dari fase riset sampai fase pengukuran. Penelitian ini juga menggunakan metode studi kasus dan mendapatkan data dari hasil wawancara mendalam kepada pihak Diskominfomas dan Unit Pengelola Jakarta Smart City. Hasil analisis pengelolaan sosial media yang dilakukan oleh Jakarta Smart City menunjukkan Jakarta Smart City telah melakukan kegiatan social media berdasarkan konsep yang peneliti gunakan. Penggunaan social media yang dilakukan oleh Jakarta Smart City telah membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyosialisasikan program dan kebijakan publik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan social media milik Jakarta Smart City dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki kekuatan pada proses penciptaan konten. Walau belum dilaksanakan secara maksimal, kegiatan pengelolaan social media yang dilakukan oleh Jakarta Smart City telah sesuai dengan rangkaian strategi social media dan sesuai dengan tujuan awal dilakukannya pemanfaatan social media.