Perancangan Media Interaktif untuk Pembelajaran Peribahasa Indonesia
Main Author: | Likman, Victor |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1979/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1979/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1979/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1979/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1979/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1979/6/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1979/ |
Daftar Isi:
- Tugas akhir berjudul Perancangan Media Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia dibuat berdasarkan motivasi penulis untuk menemukan cara pengajaran peribahasa Indonesia yang lebih menyenangkan dan efisien untuk anak SD kelas 3. Peribahasa dipilih karena kerumitannya untuk ditafsirkan, serta karena peribahasa mempunyai makna yang cenderung mendidik, sehingga baik untuk pembelajaran budi pekerti anak-anak. Tugas akhir ini berisikan bagaimana pembuatan interaksi, visualisasi, dan penyampaian peribahasa sehingga menjadi sebuah bentuk pop up 3D digital interaktif. Rancangan kemudian didesain berbentuk buku digital dengan menggunakan gaya kartun dimana terselip game-game di antara halaman pop upnya. Game yang ditentukan dalam rancangan ini dikhususkan hanya pada permainan puzzle dimana user harus melengkapi elemen pop up yang hilang untuk menyelesaikannya. Kesimpulan yang didapat yaitu bahwa peribahasa pada dasarnya punya hikmah yang dapat dipetik, memprioritaskan konsep langkah-langkah interaksi sebelum memulai proyek, dan penggunaan dummy untuk membantu membuat pop up digital.