Perancangan ilustrasi latar belakang pada novel interaktif dream adventure
Main Author: | Lukas, Marlyn Yolanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1884/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1884/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1884/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1884/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1884/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1884/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1884/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1884/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1884/ |
Daftar Isi:
- Dalam laporan ini, penulis mencoba memahami teori-teori dasar ilustrasi serta langkah perancangan ilustrasi dalam sebuah novel interaktif. Dibahas pula perkembangan novel interaktif, mulai dari kemunculan graphic novel sampai berkembang seiring berkembangnya zaman dan teknologi. Selain itu, penulis juga sekaligus memperkenalkan cerita rakyat Indonesia, yaitu Legenda Candi Prambanan sebagai dasar pembuatan cerita untuk novel interaktif Dream Adventure. Untuk memperoleh materi yang dibutuhkan, penulis melakukan studi pustaka melalui buku-buku yang ada di perpustakaan kampus dan melalui internet. Selain itu, penulis juga melakukan observasi langsung untuk mendapatkan foto referensi scene yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Penulis mencapai satu kesimpulan di mana perancangan latar belakang untuk sebuah novel interaktif tidak berarti sama dengan pembuatan ilustrasi pada umumnya, di mana di sini perlu diperhatikan cara pembuatan yang dapat menambah efektivitas bekerja secara keseluruhan, seperti misalnya sebuah ilustrasi yang dapat digunakan untuk lebih dari satu scene dengan memanfaatkan pergerakan kamera.