Daftar Isi:
  • Pembelajaran melalui media elektronik telah banyak diterapkan oleh sekolah maupun kampus. Hal inilah yang mendorong penulis melakukan penelitian skripsi dengan judul “Evaluasi Pemahaman Penggunaan Web E-Learning Berbasis Moodle Menggunakan Metode COLLES (STUDI KASUS: SMAN 100 JAKARTA)”. Tujuan penelitian yaitu untuk melihat pemahaman penggunaan web e-learning berbasis Moodle di SMA Negeri 100 Jakarta yang belum memiliki web e-learning dan berkeinginan untuk menerapkan web e-learning. Setelah melakukan implementasi sistem web e-learning, peneliti melakukan survei dengan menggunakan metode COLLES (Constructivist On-Line Learning Environment System) yang memiliki 6 (enam) komponen penilaian. Berdasarkan hasil penelitian melalui survei yang dikhususkan pada siswasiswi membuktikan bahwa PENGGUNAAN web e-learning sudah DIPAHAMI oleh siswa-siswi dengan nilai skala setiap komponen rata-rata di angka 4 (empat) dari penilaian skala 1 sampai 5.