Rancang bangun aplikasi brain fitness game berbasis kinect
Main Author: | Japutra, Jason Kelvin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1704/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1704/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1704/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1704/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1704/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1704/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1704/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1704/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1704/ |
Daftar Isi:
- Di zaman yang sudah menggunakan banyak teknologi ini, banyak sekali perangkat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan. Akan tetapi, kegiatan yang dilakukan tersebut membutuhkan konsentrasi lebih karena harus melakukan lebih dari satu kegiatan pada saat yang bersamaan. Istilah yang tepat untuk kondisi tersebut adalah multitasking, dimana seseorang melakukan beberapa kegiatan dalam waktu yang bersamaan, seperti menelepon saat sedang menyetir. Untuk menambah konsentrasi dan tingkat kemampuan seseorang dalam multitasking, maka dikembangkanlah brain fitness game pada perangkat komputer dengan menggunakan Unity yang bertujuan untuk menambah konsentrasi seseorang dengan cara memainkan game tersebut. Permainan tersebut memiliki beberapa jenis permainan yang dapat dimainkan dalam waktu bersamaan sehingga melatih kemampuan seseorang untuk melakukan multitasking. Dengan menggunakan Kinect sebagai alat sensor gerak, brain fitness game ini terbukti menjadi sebuah game yang menawarkan pengalaman yang berbeda, dan hasil uji coba menunjukkan tingkat kesenangan pemain yang mencapai 84% yang termasuk pada kategori baik sekali. Kata kunci: Brain, Brain Fitness, Game, Kinect, Multitasking