Rancang bangun aplikasi pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement divisions berbasis web
Main Author: | Antonius, Antonius |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1666/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1666/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1666/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1666/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1666/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1666/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1666/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1666/ |
Daftar Isi:
- Laporan skripsi ini menjelaskan mengenai rancang bangun sistem pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement divisions (STAD) untuk membantu guru menerapkan sistem pembelajaran kooperatif dalam kegiatan belajar mengajar. Sistem ini dibuat dengan berbasis web atau client-server. Sistem ini bertujuan untuk menerapkan sistem pembelajaran kooperatif dalam dunia pendidikan. Metode student teams-achievement divisions atau STAD adalah metode pembelajaran kooperatif dimana murid akan berinteraksi dengan muridmurid yang lainnya dalam kelompok untuk memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Murid-murid akan membantu murid-murid yang lainnya untuk mencapai tujuan yang sama. Hasil penelitian dari ujicoba yang dilakukan membuktikan bahwa terjadi peningkatan nilai sebesar 26,7% pada ujicoba pertama dan 47% pada ujicoba kedua dalam materi adverb of manner dan terjadi peningkatan nilai sebesar 16,6% pada ujicoba pertama dan 18,1% pada ujicoba kedua dalam materi degress of comparison. Untuk ujicoba kelayakan aplikasi, 60% responden menyatakan aplikasi ini bermanfaat dan 27% menyatakan aplikasi ini sangat bermanfaat.