Daftar Isi:
  • Laporan skripsi ini menjelaskan mengenai rancang bangun sistem pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement divisions (STAD) untuk membantu guru menerapkan sistem pembelajaran kooperatif dalam kegiatan belajar mengajar. Sistem ini dibuat dengan berbasis web atau client-server. Sistem ini bertujuan untuk menerapkan sistem pembelajaran kooperatif dalam dunia pendidikan. Metode student teams-achievement divisions atau STAD adalah metode pembelajaran kooperatif dimana murid akan berinteraksi dengan muridmurid yang lainnya dalam kelompok untuk memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Murid-murid akan membantu murid-murid yang lainnya untuk mencapai tujuan yang sama. Hasil penelitian dari ujicoba yang dilakukan membuktikan bahwa terjadi peningkatan nilai sebesar 26,7% pada ujicoba pertama dan 47% pada ujicoba kedua dalam materi adverb of manner dan terjadi peningkatan nilai sebesar 16,6% pada ujicoba pertama dan 18,1% pada ujicoba kedua dalam materi degress of comparison. Untuk ujicoba kelayakan aplikasi, 60% responden menyatakan aplikasi ini bermanfaat dan 27% menyatakan aplikasi ini sangat bermanfaat.