Daftar Isi:
  • Di era ini, mal bukanlah lagi sebagai tempat yang hanya digunakan untuk berbelanja semata, namun mal juga kerap kali digunakan sebagai tempat berkumpul dengan rekan bisnis, komunitas, maupun teman lama. Sebuah mal harus memiliki brand image yang bagus untuk terus menarik penyewa (tenant) dan pengunjung. Semakin ramai penyewa dan pengunjung, maka semakin ‘hidup’ mal tersebut. Dengan bertambah waktu, fitur, jenis penyewa, dan ukuran mal di Indonesia pun terus berkembang. Proses kerja magang di salah satu mal di Tangerang Selatan yaitu Summarecon Mall Serpong (SMS) memberikan kesempatan untuk melihat dan mengalami secara langsung kerja Public Relations di industri mal. Dilaksanakan dari 10 Februari 2020 sampai 10 Mei 2020, banyak kegiatan yang dikerjakan di SMS. Contohnya adalah kegiatan seperti media monitoring, menentukan news value, membuat social media campaign, dan penulisan artikel. Kegiatan media monitoring memberikan pemahaman akan mal kompetitor. Berita yang sudah dikumpulkan dapat menjadi panduan untuk mencegah masalah yang serupa. Penyusunan social media campaign juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal seperti audiens, media, dan tema besar harus sinkron dan relevan. Penulisan artikel harus sesuai dengan kaidah penulisan PR sehingga tepat sasaran. Pengalaman yang sudah dialami pada saat praktik kerja magang ini tentu saja akan menjadi bekal di masa yang akan datang ketika menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.