Analisis Pengaruh Perceived Risk, Perceived Usefulness, Attitude dan Subjective Norm serta Implikasinya terhadap Intention to Use: Telaah pada Ovopaylater di Tokopedia

Main Author: Wijaya, Stheven
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/15434/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/15434/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/15434/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/15434/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/15434/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/15434/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/15434/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/15434/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/15434/
Daftar Isi:
  • Ditengah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Jumlah pengguna internet dan smartphone pun semakin meningkat setiap tahunnya. Bertambah jumlahnya pengguna internet dan smartphone, maka semakin banyak aplikasi berbasis smartphone. Salah satu aplikasi yang muncul adalah aplikasi pembayaran atau yang biasa kita sebut sebagai mobile payment. Banyak aplikasi mobile payment bermunculan di Indonesia, salah satunya adalah Ovo. Aplikasi Ovo merupakan aplikasi teknologi financial. Dengan menggunakan applikasi ini penggunanya dapat melakukan transaksi pembayaran dengan cepat dan mudah tanpa menggunakan uang tunai. Didalam aplikasi Ovo ini terdapat sistem yang baru saja keluar yaitu OvoPaylater. OvoPayLater ini fungsinya seperti kartu kredit pakai dahulu bayar nanti. Maka itu, peneliti tertarik untuk mengangkat OvoPayLater dari sudut minat calon pengguna. Peneliti ini menggunakan metodei kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 125 responden. Setelah mendapatkan data dari kuesioner responden, data akan dianalisis menggunakan Linier Multiregresion. Dari hasil penelitian ini, variabel perceived risk dan attitude towards memiliki pengaruh positif terhadap intentiton to use. Perceived usefulness dan subjective norm tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intention to use.