Daftar Isi:
  • Industri media lifestyle ikut berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi. Semula marak media lifestyle bergerak pada industri cetak, kini mengalami konvergensi menjadi media online. Dream.co.id yang didirikan pada April 2014, merupakan salah satu media lifestyle berbasis online. Media ini pun memiliki identitasnya yang sangat spesifik, yaitu mengejar target audiens muslim berusia 17 sampai 25 tahun. Dengan adanya identitas yang spesifik, media ini mampu menjadi pionir media muslim lifestyle di Indonesia dan menjaga eksistensinya hingga sekarang. Dalam mengerjakan tugas sebagai reporter di media ini, reporter harus mampu mencari angle yang relevan dan menarik bagi pembaca muslim, seperti halnya tips liburan halal. Walaupun memiliki segmen yang spesifik, Dream.co.id juga memungkinkan untuk dibaca bagi semua orang dari berbagai kalangan. Kanal yang beragam mulai dari lifestyle, beauty, news, parenting, culinary, fashion, hingga travel menghadirkan puluhan berita menarik yang dipublikasi setiap harinya. Selain itu, media ini pun telah memecah kanal menjadi Women dan Men sehingga memudahkan pembaca mencari berita sesuai gender-nya. Tidak hanya dalam situs web yang bisa diakses pada dream.co.id, media ini juga memiliki media sosial berupa Twitter, Instagram, dan Facebook yang siap menghadirkan berbagai macam informasi menarik setiap harinya. Dalam kerja magang ini, penulis mempelajari bahwa media lifestyle mementingkan pemberitaan mengenai kehidupan sehari-hari yang dikupas dengan gaya yang ringan. Selain itu, penulis menemukan adanya perbedaan teknis penulisan berita dalam media lifestyle muslim.