Netralitas Pemberitaan Kompas.Id terkait Demonstrasi Pasca Pengesahan RUU KPK (Analisis Isi Pemberitaan KOMPAS.ID Edisi 17 September sampai 30 September 2019)
Main Author: | Elmo, Benedict |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/15246/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/15246/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/15246/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/15246/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/15246/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/15246/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/15246/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/15246/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/15246/ |
Daftar Isi:
- âNETRALITAS PEMBERITAAN KOMPAS.ID TERKAIT DEMONSTRASI PASCA PENGESAHAN RUU KPK (ANALISIS ISI PEMBERITAAN KOMPAS.ID 17 SEPTEMBER SAMPAI 30 SEPTEMBER 2019)â Oleh Benedict Elmo 12140110288 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krusialnya momentum revisi UU KPK di tengah banyaknya informasi yang beredar di media online. Dalam kesempatan seperti ini, media massa berlomba-lomba menyajikan berita secepat mungkin, namun kerap mengabaikan netralitas dalam penulisan berita dalam mendapatkan dan meningkatkan jumlah pembaca. Hal ini lantas mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terkait pemberitaan Kompas.id. Peneliti ingin memberikan sebuah gambaran karakteristik isi dan menarik kesimpulan dari pemberitaan Kompas.id dengan membedah bagaimana netralitas Kompas.id dalam pemberitaan terkait demonstrasi pasca pengesahan RUU KPK. Peneliti tertarik untuk menganalisa konten pemberitaan pada Kompas.id di mana pembaca dapat mengakses konten freemium atau gratis akses. Freemium merupakan sebuah pendekatan dengan menawarkan konten gratis sebagian, pembaca diharuskan untuk berlangganan apabila menginginkan konten yang lebih lengkap dan komprehensif. Cara berlangganan seperti ini seharusnya memberikan dorongan pada Kompas.id untuk dapat memberikan konten pemberitaan yang lebih baik dibandingkan dengan media online lainnya dalam aspek objektivitas. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian analisis isi dan dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan secara sistematis isi komunikasi dari Kompas.id yang tampak, dan dilakukan dengan objektif, reliabel, valid, dan dapat direplikasi kembali oleh peneliti selanjutnya dengan hasil temuan yang sama. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa penyajian berita Kompas.id yang mengandung personalisasi adalah 9 berita (28%), emosionalisme 8 berita (25%), dramatisasi 3 berita (9%), stereotype 1 berita (3%), juxtaposition 5 berita (15%), dan linkage 3 berita (9%) dari total 32 berita yang digunakan dalam penelitian.