ctrlnum 15224
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/15224/</relation><title>Proses Kerja Reporter Kanal Market Di Media Daring Bisnis.com</title><creator>Nerissa Arviana, Geofanni</creator><subject>PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.</subject><description>Perkembangan teknologi mendorong media massa untuk melakukan adaptasi sesuai dengan perubahan cara masyarakat mengonsumsi berita. Salah satu bentuk adaptasi teknologi yang hadir di media massa adalah kemunculan media daring. Adaptasi ini juga dilakukan oleh salah satu harian ekonomi dan bisnis di Indonesia, yaitu Bisnis Indonesia. Harian Bisnis Indonesia pertama kali meluncurkan Bisnis.com pada 2 September 1996 sebagai media digitalisasi berita yang dimuat di edisi cetak. Selain terus berkembang karena perubahan zaman, Bisnis.com juga berkembang karena meningkatnya keinginan masyarakat untuk mengetahui kondisi pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Indonesia. Keinginan tersebut juga didorong oleh tujuan pembangunan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang, yaitu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. Oleh karena itu, penulis merasa berita ekonomi sangat diperlukan masyarakat. Penulis memutuskan untuk mendaftarkan diri melakukan praktik kerja magang di Bisnis.com sebagai reporter kanal Market Bisnis.com. Dalam praktik kerja magang, penulis menyajikan berita terkini tentang kondisi pasar di dalam dan luar negeri. Berita-berita tersebut dikemas dalam bentuk hard news maupun soft news yang ditulis dari berbagai sumber, seperti liputan dan wawancara, laman Keterbukaan Informasi IDX, laporan keuangan perusahaan, media internasional, dan data Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam memproduksi sebuah berita, penulis melakukan berbagai tahapan proses kerja, yaitu penugasan, pengumpulan data, evaluasi, penulisan, dan penyuntingan. Jika kelima tahapan tersebut sudah dilalui, berita siap untuk dipublikasikan di situs dan media sosial Bisnis.com agar dapat dikonsumsi masyarakat. Dengan melakukan praktik kerja magang sebagai reporter kanal Market Bisnis.com selama 60 hari, penulis semakin memahami proses kerja seorang jurnalis ekonomi. Penulis melihat bahwa berita ekonomi merupakan sebuah berita yang padat informasi dan data. Dengan padatnya informasi dan data, dibutuhkan kelihaian dari seorang jurnalis ekonomi untuk dapat mengemasnya menjadi berita yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam. Dari praktik kerja magang ini, penulis juga jadi memahami bahwa seorang jurnalis ekonomi harus memiliki pengetahuan yang luas, detail, dan kemampuan verifikasi yang baik.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15224/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15224/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15224/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15224/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15224/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15224/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15224/7/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Nerissa Arviana, Geofanni (2020) Proses Kerja Reporter Kanal Market Di Media Daring Bisnis.com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>15224</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Nerissa Arviana, Geofanni
title Proses Kerja Reporter Kanal Market Di Media Daring Bisnis.com
publishDate 2020
topic PN4699-5650 Journalism. The periodical press
etc
url http://kc.umn.ac.id/15224/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/15224/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/15224/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/15224/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/15224/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/15224/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/15224/7/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/15224/
contents Perkembangan teknologi mendorong media massa untuk melakukan adaptasi sesuai dengan perubahan cara masyarakat mengonsumsi berita. Salah satu bentuk adaptasi teknologi yang hadir di media massa adalah kemunculan media daring. Adaptasi ini juga dilakukan oleh salah satu harian ekonomi dan bisnis di Indonesia, yaitu Bisnis Indonesia. Harian Bisnis Indonesia pertama kali meluncurkan Bisnis.com pada 2 September 1996 sebagai media digitalisasi berita yang dimuat di edisi cetak. Selain terus berkembang karena perubahan zaman, Bisnis.com juga berkembang karena meningkatnya keinginan masyarakat untuk mengetahui kondisi pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Indonesia. Keinginan tersebut juga didorong oleh tujuan pembangunan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang, yaitu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. Oleh karena itu, penulis merasa berita ekonomi sangat diperlukan masyarakat. Penulis memutuskan untuk mendaftarkan diri melakukan praktik kerja magang di Bisnis.com sebagai reporter kanal Market Bisnis.com. Dalam praktik kerja magang, penulis menyajikan berita terkini tentang kondisi pasar di dalam dan luar negeri. Berita-berita tersebut dikemas dalam bentuk hard news maupun soft news yang ditulis dari berbagai sumber, seperti liputan dan wawancara, laman Keterbukaan Informasi IDX, laporan keuangan perusahaan, media internasional, dan data Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam memproduksi sebuah berita, penulis melakukan berbagai tahapan proses kerja, yaitu penugasan, pengumpulan data, evaluasi, penulisan, dan penyuntingan. Jika kelima tahapan tersebut sudah dilalui, berita siap untuk dipublikasikan di situs dan media sosial Bisnis.com agar dapat dikonsumsi masyarakat. Dengan melakukan praktik kerja magang sebagai reporter kanal Market Bisnis.com selama 60 hari, penulis semakin memahami proses kerja seorang jurnalis ekonomi. Penulis melihat bahwa berita ekonomi merupakan sebuah berita yang padat informasi dan data. Dengan padatnya informasi dan data, dibutuhkan kelihaian dari seorang jurnalis ekonomi untuk dapat mengemasnya menjadi berita yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam. Dari praktik kerja magang ini, penulis juga jadi memahami bahwa seorang jurnalis ekonomi harus memiliki pengetahuan yang luas, detail, dan kemampuan verifikasi yang baik.
id IOS6965.15224
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:52:37Z
last_indexed 2020-12-19T03:52:37Z
recordtype dc
_version_ 1686477468884533248
score 17.538404