Proses Pembuatan Berita Gaya Hidup di Redaksi Dewi Magazine
Main Author: | Hariyanto, Felix |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/15204/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/15204/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/15204/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/15204/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/15204/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/15204/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/15204/7/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/15204/ |
Daftar Isi:
- Industri fesyen atau mode di Indonesia setiap tahun semakin meningkat pegiatnya. Desainer dengan beragam karakter pun mewarnai gaya hidup masyarakat yang eksploratif dan bijak dalam mengkonsumsi. Perpanjangan tangan informasi mengenai dunia mode kepada masyarakat adalah media. Dengan target audiens yang merujuk pada penikmat dunia mode dan gaya hidup premium, majalah Dewi atau Dewi Magazine dikenal sebagai salah satu penyalur informasinya. Dewi saat ini berada dibawah naungan Global Creative Media (GCM Group), yang juga membawa pagelaran tahunan masif industri fesyen Jakarta Fashion Week. Fokus membahas soal mode dan gaya hidup premium, Dewi saat ini masih menerbitkan produk majalahnya setiap bulan dan memiliki situs dewimagazine.com untuk akses informasi daring. Selama melaksanakan praktik kerja magang sebagai reporter di redaksi Dewi, penulis memiliki tugas utama yakni menulis artikel. Tulisan yang seringkali dibuat oleh penulis adalah seputar dunia mode dan gaya hidup kelas menengah. Pada dua medium yang berbeda, penulis diberi kesempatan untuk menulis pada majalah (cetak) dan situs (online) yang dijalankan oleh tim redaksi. Praktik kerja magang di Dewi didapati oleh penulis sebagai lapangan belajar yang belum didapatkan sebelumnya, terutama belajar mengenai fashion journalism. Penulis pernah mendapatkan sedikit bekal pada semester awal mengenai jurnalistik hiburan (entertainment journalism) saat peminatan, mata kuliah tersebut menjadi bekal pengetahuan untuk mengetahui bahwa dunia mode juga tidak jauh dari industri hiburan.