Corporate repositioning pt elnusa tbk dari oil and gas services company ke energy services company
Main Author: | Husien, Nerissa Arviana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1519/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1519/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1519/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1519/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1519/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1519/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1519/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1519/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1519/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas mengenai corporate repositioning PT Elnusa Tbk dari oil and gas services company ke energy services company. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya tuntutan pasar dan tingkat persaingan bisnis yang semakin tinggi sehingga menuntut perusahaan untuk bertransformasi sesuai dengan tuntutan perkembangan bisnis. Strategi corporate communication diperlukan dalam mengkomunikasikan aktivitas repositioning tersebut di tengah banyaknya pesaing bisnis dalam skala nasional maupun internasional yang telah terlebih dahulu merambah bisnis energi. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori two-way symmetrical model dengan konsep public relations, corporate life cycle, corporate communication planning, corporate communication dalam repositioning, repositioning, turnaround strategy, environmental scanning, restrukturisasi internal dan change management. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen, wawancara mendalam, observasi dan riset kepustakaan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh adalah corporate communication PT Elnusa Tbk memiliki peranan yang strategis dalam proses corporate repositioning perusahaan sehingga proses pembentukan image dan pertumbuhan finansial perusahaan dapat berlangsung cepat seiringan dengan adanya perubahan perilaku dari stakeholders, namun perubahan budaya perusahaan masih dalam proses transisi karena terdapat beberapa budaya lama yang masih tertanam lekat pada internal perusahaan, meskipun kini PT Elnusa Tbk bukan lagi perusahaan monokrasi.