Daftar Isi:
  • Media merupakan suatu alat perantara yang berfungsi untuk menyalurkan pesan atau informasi kepada penerima pesan atau khalayak. Seiring berkembangannya zaman, kebebasan begitu dimanfaatkan oleh media sehingga pemberitaan tidak terkendali dan mulai menunjukkan kepentingan didalamnya. Selain sebagai wadah pemberitaan, media pun dapat dijadikan institusi bisnis. Informasi dan berita yang disajikan oleh media lebih mengarah pada keuntungan media, bukan pada kepentingan masyarakat atau informasi didalamnya. Sebagai contoh pemberitaan mengenai hobi, kesehatan, kecantikan dan hal yang berkaitan dengan gaya hidup kerap kali mengandung konten yang bersifat komersil atau menawarkan suatu produk tertentu. Dengan demikian, media kerap dijadikan wadah mempromosikan suatu produk kepada pembacanya. Informasi yang mengarah terhadap sifat komersil dalam media merupakan kajian yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dan jenis penelitian kualitatif. Dengan menggunakan konsep komodifikasi isi Vincent Mosco penelitian ini bermaksud untuk mengetahui unsur komodifikasi isi pada media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya komodifikasi isi pada media Popbela.com khususnya pada rubrik beauty atau kecantikan berdasarkan tiga kriteria yang ada yaitu: 1) Terdapat tempat pembelian produk, 2) Terdapat harga produk, dan 3) Mempromosikan produk. Analisis isi kualitatif pada artikel rubrik beauty dilakukan dari periode 13 Maret 2020 hingga 13 Mei 2020.