Pengaruh Tingkat Literasi Media dan Informasi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Berita Bersponsor pada Siswa 3 SMA Negeri di Tangerang
Main Author: | Valentina Puspito, Beverly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/15143/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/15143/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/15143/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/15143/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/15143/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/15143/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/15143/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/15143/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/15143/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan jaman saat ini membuat perusahaan iklan ikut beralih ke dunia internet. Karena hal tersebut, pengguna internet merasa terganggu dengan munculnya iklan di setiap laman yang dikunjungi. Iklan yang dianggap mengganggu merupakan iklan berjenis banner, pop-up, dan sejenisnya. Dari hal itu, muncul fenomena baru, yaitu native advertising atau berita bersponsor. Berita bersponsor saat ini banyak diminati dan sering ditemui oleh pengguna internet. Namun sayang, banyak pengguna internet yang belum memahami perbedaan berita bersponsor dengan berita regular karena tampilannya yang sama. Untuk dapat memahaminya, pengguna internet, khususnya remaja harus memahami Literasi Media dan Informasi (LMI). Penelitian ini mengambil sampel siswa di 3 SMA Negeri di Tangerang sebagai responden. Karena itu penelitian ini berjudul âPengaruh Tingkat Literasi Media dan Informasi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Berita Bersponsor Siswa di 3 SMA Negeri di Tangerangâ. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu Literasi Media dan Informasi, serta kemampuan mengidentifikasi berita bersponsor. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online pada tiga sekolah SMA Negeri di Tangerang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat Literasi Media dan Informasi berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi berita bersponsor siswa di 3 SMA Negeri di Tangerang. Tingkat Literasi Media dan Informasi siswa di 3 SMA Negeri di Tangerang adalah 3,3 (skala 1-4) termasuk dalam kategori tinggi. Kemudian kemampuan mengidentifikasi berita bersponsor siswa di 3 SMA Negeri di Tangerang adalah juga termasuk tinggi. Sedangkan kontribusi yang diberikan Literasi Media dan Informasi terhadap kemampuan mengidentifikasi berita bersponsor adalah sebesar 30,8%.