Daftar Isi:
  • Setiap generasi memiliki karakteristik pola konsumsi berita yang berbeda. Perkembangan teknologi membuat produsen berita tidak lagi terbatas pada satu media sehingga harus bisa berevolusi dalam beragam medium mengikuti kebiasaan penggunanya. Rutinitas media lintas kanal ini mengikuti kegiatan sehari-hari setiap orang. Untuk menganalisis pola konsumsi secara detil, penelitian ini menggunakan metode studi kasus Stake. Wawancara mendalam dan diari media kualitatif dilakukan kepada anak muda usia 15-24 tahun di Jabodetabek sebagai usia pengguna media lintas kanal terbanyak. Penelitian ini dilakukan selama pandemi Covid-19, sehingga seluruh informan melakukan karantina mandiri di rumah. Proses konsumsi media pada penelitian ini dianalisa dengan dengan konsep transmedia, media multitasking dan repertoar media yang berada di bawah naungan teori penggunaan dan pemenuhan kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan media sosial dan ponsel sebagai sumber berita dan perangkat yang paling sering digunakan. Pola konsumsi media dipilih sesuai dengan kebutuhan dan melengkapi aktivitas lainnya yang dilakukan. Secara keseluruhan, transmedia dilakukan pada seleksi kanal dan media multitasking selama proses konsumsi berita. Gabungan kegiatan ini akhirnya diulang terus menerus menjadi sebuah kebiasaan dalam bentuk repertoar media.