Pengaruh Tingkat Literasi Media dan Informasi terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Karakteristik Berita Bersponsor pada Siswa di 4 SMA Tangerang

Main Author: Vanesa Valeria, Valentina
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
etc
Online Access: http://kc.umn.ac.id/15076/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/15076/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/15076/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/15076/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/15076/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/15076/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/15076/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/15076/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/15076/
Daftar Isi:
  • Keberadaan berita bersponsor (native advertising) di media online Indonesia mulai populer. Berita bersponsor adalah berita baik dalam media online maupun surat kabar online (e-paper) yang dibuat atas permintaan seseorang atau sebuah lembaga agar berita atau informasi tentang dirinya, atau sebuah produk, atau lembaganya dapat dimuat dalam media tersebut. Untuk itu, media akan mendapatkan sejumlah imbalan. Karakteristik dari berita bersponsor mirip dengan berita yang dibuat oleh wartawan untuk memenuhi kepentingan masyarakat. Beberapa media online yang telah menerapkan berita bersponsor yaitu Tempo.co, Kompas.com, Merdeka.com, Detik.com, dan lainnya. Akibatnya, khalayak memeroleh informasi yang tidak objektif karena bukan berdasarkan pada kepentingan publik. Maka dari itu, penting bagi pembaca untuk memiliki kemampuan literasi media dan informasi (LMI) yang terkait dengan komunikasi komersial. Peneliti menggunakan kerangka konsep LMI dari UNESCO untuk mengkaji bagaimana siswa atau remaja yang belum memiliki pemikiran matang dan kritis dalam menghadapi banjir informasi dari media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner online dilakukan kepada 550 responden siswa di 4 SMA negeri dan swasta Tangerang yang terdiri dari dua wilayah yaitu Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan mengidentifikasi karakteristik berita bersponsor pada siswa SMA dapat dipengaruhi oleh literasi media dan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tingkat literasi media dan informasi (variabel X) siswa di 4 SMA Tangerang sebesar 3,22 sedangkan nilai rata-rata kemampuan mengidentifikasi karakteristik berita bersponsor (variabel Y) sebesar 3,20 dari skala 1-4. Dari hasil uji regresi diketahui bahwa variabel X berkontribusi sebesar 31,9% bagi terjadinya Y.