Daftar Isi:
  • Pada laporan ini, penulis memilih topik perancangan tokoh dikarenakan penulis merasa bahwa tokoh merupakan unsur yang menjadi kunci dari jalannya sebuah cerita, terutama jika tokoh memiliki latar belakang yang sangat penting dalam segi psikologi, sosiologi, dan fisiologi yang lebih membangun tokoh tersebut. Sebuah film tidak akan terlihat menarik di mata penonton bila penonton tidak dapat memahami karakteristik dari sebuah tokoh pada film. Oleh karena itu, penulis mengangkat topik mengenai perancangan tokoh dengan menerapkan ciri fisik Jawa-Tionghoa dalam animasi 2D “Qing Ming” dengan metode kualitatif, yaitu mengumpulkan teori, referensi, dan wawancara. Penulisan laporan ini diperlukan oleh penulis untuk memperkuat teori mengenai perancangan tokoh, dan penerapan unsur Tionghoa-Indonesia (Jawa) dalam tokoh. Dengan data-data yang ada maka penulis dapat merancang tokoh yang dapat mendukung alur cerita dan menerapkan unsur budaya dalam animasi 2D berjudul “Qing Ming”.