Penerapan Teknik Pencahayaan Lowkey, Rule of Thirds dan Handheld Camera Movement untuk Menggambarkan Karakter Yatno dalam Film Pendek Gelap Mata

Main Author: Christiano Sukamto, Ignatius
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14981/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14981/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14981/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14981/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14981/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14981/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14981/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14981/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14981/
Daftar Isi:
  • Skripsi penciptaan ini berisi tentang bagaimana penulis sebagai director of photography dalam film pendek Gelap Mata menggambarkan karakter utama, yaitu Yatno. Yatno seorang yang taat pada agama, tetapi karena keadaan sudah tidak memungkinkan, ia memutuskan untuk berpaling dari agamanya demi kesembuhan sang istri. Karena cara instan tersebut, istrinya sembuh tetapi Yatno harus menanggung kematian dirinya sendiri. Penulis ingin menggambarkan karakter Yatno yang mula-mulanya baik, rajin beribadah, tidak percaya hal-hal mistis menjadi Yanto yang Gelap Mata akan hal-hal disekitarnya. Ia tidak peduli lagi dengan kepercayaan yang telah lama dianutnya. Penulis ingin menggambarkan hal-hal tersebut menggunakan aturan komposisi rule of thirds, teknik pencahayaan lowkey, serta handheld camera movement. Dalam menulis skripsi penciptaan ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan literatur-litertaur sebagai dasar pembuatan film serta pembuatan skripsi. Setelah melakukan shooting dan menganalisis hasilnya, penulis berhasil menggambarkan karakter Yatno ketika ia sudah tidak lagi percaya dengan agamanya menggunakan ketiga hal tersebut.