Pengaruh Komunikasi Persuasif Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (RANS) sebagai Brand Ambassador Tiket.com terhadap Minat Beli
Main Author: | Theresia, Chelsea |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14941/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14941/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14941/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14941/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14941/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14941/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14941/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14941/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14941/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan brand ambassador sebagai komunikator suatu brand untuk mempromosikan produk, kini telah banyak diterapkan oleh perusahaan di segala jenis bisnis yang merambah ke segala sektor maupun startup seperti Tiket.com. Tiket.com sebagai pionir online travel agent telah menggunakan brand ambassador Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (RANS) untuk menjalin kerja sama dan RANS sudah dikenal oleh masyarakat luas bahwa mereka adalah keluarga artis terkenal di Indonesia yang memiliki hobby travelling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi persuasif RANS sebagai brand ambassador Tiket.com terhadap minat beli. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model (ELM), yang menjelaskan bagaimana individu memproses pesan iklan melalui rute sentral dan rute periferal. Teori ELM didukung dengan konsep komunikasi persuasif brand ambassador dan minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mempunyai akun Instagram dan sudah melihat konten RANS sejak enam bulan terakhir dengan jumlah sampel sebesar 210 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner online. Hipotesis diuji dengan regresi linier sederhana dan hasilnya menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan komunikasi persuasif RANS sebagai brand ambassador Tiket.com terhadap minat beli sebesar 38,5%. Artinya kredibilitas, daya tarik, dan pesan yang disampaikan RANS dapat mempersuasi travelling.