Daftar Isi:
  • Inflasi ekonomi yang selalu bertumbuh memberikan pengaruh dalam sektor usaha, khususnya dalam biaya operasional, dan juga menghambat pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya. Namun seiring berkembangnya teknologi digital khususnya internet yang semakin pesat hal ini dapat meringankan kondisi tersebut, pelaku usaha saat ini dapat mengembangkan bisnisnya dengan biaya operasional yang lebih murah dengan menambah platform bisnisnya dengan toko daring. Penelitian ini membahas bagaimana interaksi Keterikatan Pelanggan dapat mempengaruhi Keinginan untuk Memberi Ulasan secara daring dalam aplikasi belanja daring Tokopedia. Penelitian ini berjenis kuantitatif, data yang akan diolah berasal dari kuesioner yang penulis sebar secara daring dengan jumlah minimum responden sebanyak 140 orang. Penelitian ini akan diolah menggunakan teknik Structural Equation Model yang dikalkulasi menggunakan perangkat SmartPLS 3. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa Keterikatan Pelanggan (Customer Engagement) memberikan pengaruh langsung dan juga dapat menjadi mediator yang baik antara Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) maupun Kepercayaan terhadap Penjual (Trust in the Retailer) terhadap Keinginan menulis Ulasan (Online Review Intention), serta menunjukan bahwa Tingkat Kepercayaan terhadap Penjual (Trust Level) dapat memoderasi antara Keterikatan Pelanggan terhadap Keinginan Memberi Ulasan.