Daftar Isi:
  • Oleh: Wenny Fathia Khairani Pertumbuhan e-commerce kini sedang marak terutama di Indonesia yang memiliki potensi sangat besar dalam perkembangannya dan peningkatan pendapatan. Persaingan toko online di Indonesia pun semakin ketat dalam lingkungan bisnis marketplace membuat pelaku bisnis mengembangkan fitur-fitur yang tersedia bertujuan agar bisa mendapatkan pengguna untuk berkunjung ke platform dan minat beli. Konsumen Indonesia memiliki karakteristik lebih senang untuk berbelanja melalui social media, maka banyak perusahaan yang menggunakan social media marketing sebagai salah satu startegi dalam mencapai visi misi perusahaan. Shopee merupakan salah satu ecommerce yang memiliki daya tingkat awareness yang tinggi di masyarakat terutama millennials. Dalam meningkatkan penggunaan aplikasi terutama penjualan, Shopee meluncurkan fitur terbaru yang memiliki skema mirip dengan social media yaitu Shopee Feed. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui adakah pengaruh social media marketing Shopee Feed terhadap minat beli pengguna Shopee. Dalam pengumpulan data menggunakan survei dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna Shopee sebanyak 385 orang dan menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari kuesioner diolah menggunakan SPSS versi 24 dengan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel social media marketing pada Shopee Feed terhadap variabel minat beli pengguna Shopee sebesar 21,8%.