Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya komunikasi sales person dalam personal selling, terutama untuk pemasaran produk yang perlu penjelasan secara personal. Xiomi sebagai produsen yang memasarkan produk elektronik, melibatkan sales person di toko resminya. Hal yang menarik untuk diteliti, apakah komunikasi persuasif sales person Xiaomi dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk Xiaomi? Sebagai acuan teori digunakan teori retorika, yang menjelaskan faktor kredibilitas, argumentasi pesan dan daya tarik yang harus dimiliki komunikator untuk mempersuasi khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif, dengan metode survei. Populasi penelitian adalah para pengunjung toko resmi Xiaomi di wilayah Tangerang (Lippo Mall Karawaci, Sumarecon Mall Serpong dan Tangerang City Mall) dengan sampel sebanyak 258 responden yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan hipotesis diuji dengan uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi persuasif salesperson memberikan kontribusi sebesar 11,8% terhadap keputusan pembelian.