Analisis Pengaruh Materialistic Values terhadap Green Apparel Purchase Intention: Studi Lanjutan pada Sejauh Mata Memandang dengan Theory of Planned Behavior

Main Author: H. T. Sumanti, Delbert
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14846/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14846/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14846/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14846/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14846/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14846/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14846/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14846/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14846/
Daftar Isi:
  • Modernisasi yang masif memicu konsumen untuk terus ‘menjelajahi’ lebih banyak produk dan layanan, mendorong munculnya obsesi dalam pemenuhan kebutuhan. Konsumen yang obsesif memosisikan produk dan jasa yang mereka punya sebagai tanda kesuksesan, tanda kebahagiaan, atau bahkan pusat dari kehidupan. Fenomena ini umum terjadi di dunia fashion, sehingga manusia mulai mengalami berbagai permasalahan lingkungan yang meresahkan seperti tidak terkendalinya sampah tekstil karena tingginya frekuensi manusia dalam bergonta-ganti pakaian. Merespon fenomena tersebut, Chitra Subyakto sebagai salah satu pengrajin fashion Indonesia yang terkemuka, pada 2014 menerapkan skema sustainable fashion lewat mereknya, Sejauh. Sustainable fashion sendiri ditujukan untuk merombak pola produksi dan konsumsi di dalam industri fashion, agar secara umum dapat lebih memerhatikan keberlangsungan lingkungan dari segi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah materialistic values memiliki pengaruh terhadap niat pembelian green apparel berdasarkan teori perilaku yang terencana. Penelitian ini dilakukan dengan descriptive research design dan pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner. Pengolahan data kemudian dilakukan dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software LISREL 8.8. Hasil temuan pada penelitian terhadap Sejauh menunjukkan adanya pengaruh positif dari nilai materialisme berdasarkan kesuksesan dan kebahagiaan terhadap sikap pada green apparel purchase dan adanya pengaruh positif dari komponen sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku pada teori perilaku yang terencana terhadap niat pembelian green apparel.