Rancang Bangun Aplikasi Self-Service Library menggunakan NFC dan Protokol SIP2 (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara)

Main Author: Stanlee, Phili
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14840/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14840/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14840/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14840/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14840/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14840/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14840/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14840/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14840/
Daftar Isi:
  • Aplikasi Self-Service Library merupakan aplikasi mobile yang dirancang dan dibangun untuk menggantikan mesin kios yang terdapat pada perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara. Aplikasi Self-Service Library digunakan untuk peminjaman buku melalui smartphone. Untuk meminjam buku, Aplikasi SelfService Library menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC) untuk membaca RFID Chip pada halaman belakang buku. Untuk mendapatkan data dari RFID Chip pada buku Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara digunakan fungsi transceive, yaitu komunikasi I/O low level untuk mengirimkan perintah operasi I/O. Untuk aplikasi Self-Service Library, perintah yang diberikan adalah membaca isi memori dari RFID Chip buku Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara yang digunakan untuk mendapatkan kode buku. Untuk konfirmasi peminjaman dan mematikan Radio Frequency Identification (RFID) pada buku, digunakan RFID Reader yang berisi Standard Interchange Protocol 2 (SIP2) pada check-out station perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara. SIP2 diciptakan oleh 3M sebagai protokol untuk komunikasi antara sistem komputer perpustakaan dengan layanan Self-Service. Technology Acceptance Model (TAM) digunakan sebagai dasar pertanyaan kuesioner dan skala Likert untuk menghitung penerimaannya. Berdasarkan perhitungan skala Likert, Aplikasi Self-Service Library yang diujikan kepada mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara mendapatkan penerimaan sebesar 84.92% untuk variabel Perceive of Usefulness dan 84.31% untuk variabel Perceive Ease of Use yang keduanya termasuk ke kategori “Sangat Setuju” dimana berarti aplikasi Self-Service Library dengan sangat baik diterima oleh mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara.