Pengaruh karakteristik perusahaan dan good corporate governance terhadap corporate social responsibility disclosure (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei tahun 2013-2015)

Main Author: Onggo, Michelly
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/1472/1/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/1472/2/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/1472/3/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/1472/4/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/1472/5/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/1472/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/1472/7/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/1472/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/1472/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian causal study yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan yang terdiri dari ukuran perusahaan, kepemilikan publik dan kepemilikan asing serta good corporate governance yang terdiri dari jumlah rapat Komite Audit, ukuran Dewan Komisaris dan kepemilikan manajemen terhadap corporate social responsibility disclosure. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Total sampel perusahaan pada penelitian ini sebanyak 24 perusahaan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure (2) kepemilikan publik berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure (3) kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure (4) jumlah rapat Komite Audit berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure (5) ukuran Dewan Komisaris tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure dan (6) kepemilikan manajemen tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure.