Analisis Faktor-Faktor Celebrity Endorsement yang Mempengaruhi Sikap Pelanggan akan Merek serta Implikasinya pada Intensi Pembelian Telaah pada Viewers Vlog Jang Hansol yang Berjudul “SEMUA INFO TENTANG VIRUS CORONA YANG BERAWAL DARI WUHAN!!”
Main Author: | Meliyanti, Christine |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14688/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14688/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14688/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14688/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14688/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14688/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14688/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14688/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14688/ |
Daftar Isi:
- Perkembagan pada dunia digital membuat meningkatnya pengguna social media, hal ini menjadi salah satu peluang bagi banyak perusahaan dalam memasarkan dan menjual produk mereka. YouTube adalah salah satu social media yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam strategi pemasaran digital. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan social media sebagai sarana beriklan adalah ecommerce Tokopedia. Tokopedia menggunakan social media YouTube dengan memanfaatkan fenomena Vlog dimana Tokopedia memilih seorang yang memiliki pengaruh untuk memperkenalkan Tokopedia serta produk yang dijualnya. Salah satu alasan e-commerce Tokopedia menggunakan YouTube adalah karena biaya iklan yang tidak terlalu mahal serta jangkauan yang lebih luas dengan menggunakan internet. Pada penelitian ini, e-commerce Tokopedia memilih YouTuber Jang Hansol sebagai endorser dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui adakah pengaruh customerâs attitude toward brand serta implikasinya terhadap purchase intention yang dipengaruhi oleh celebrity trustworthiness, celebrity expertise, celebrity attractiveness, celebrity similarity, celebrity liking, celebrity familiarity, dan celebrity match-up with the brand/product. Pada penelitian ini model teoritis disampaikan dengan 8 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Pada penelitian ini sampel berjumlah 200 responden, wanita dan pria yang berusia 15-34 tahun yang mengetahui YouTuber Jang Hansol, merupakan salah satu subscriber YouTube channel Jang Hansol, mengetahui kegiatan endorsement Tokopedia dengan Jangn Hansol, pernah menonton video YouTube Jang Hansol pada channel Korea Reomit yang berjudul âSEMUA INFO TENTANG VIRUS CORONA YANG BERAWAL DARI WUHAN!!â, dan belum pernah membeli produk masker mulut yang dipromosikan Jang Hansol melalui video âSEMUA INFO TENTANG VIRUS CORONA YANG BERAWAL DARI WUHAN!!â. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dari kedelapan hipotesis yang diajukan pada penelitian ini tidak semuanya sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bahwa e-commerce Tokopedia dalam melakukan kegiatan pemasarannya dalam YouTube dapat lebih memperhatikan segi similarity of celebrity sehingga dapat meningkatkan pengaruh positif terhadap customerâs attitude toward brand.