Representasi Ilusi Semu Kesetaraan Jender dalam Iklan GrabCar #AmanUntukSemua
Main Author: | Wiranito, Nico |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14664/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14664/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14664/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14664/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14664/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14664/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14664/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14664/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14664/ |
Daftar Isi:
- Oleh : Nico Wiranito Adanya gerakan Feminisme mengubah image perempuan dalam iklan dan tuntutan adanya kesetaraan jender dalam kehidupan masyarakat. Pada era sebelum munculnya gerakan Feminisme, perempuan dianggap sebagai makhluk yang tidak setara dengan laki-laki. Anggapan ini juga tertanam pada iklan yang pada umumnya menyoroti perempuan pada segi penampilan saja. Penelitian ini menguak bentuk representasi kesetaraan jender di dalam iklan GrabCar #AmanUntukSemua!. Paradigma yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui simbol merepresentasikan kesetaraan jender dalam iklan GrabCar #AmanUntukSemua! dan untuk mengetahui pemahaman para pelaku industri periklanan terkait isu kesetaraan jender. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Semiotika. Penelitian ini menggunakan model analisis Semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini adalah iklan merepresentasikan Kesetaraan Jender dalam rupa perempuan dapat memiliki pekerjaan dan karier yang setara dengan laki-laki. Akan tetapi Kesetaraan Jender yang ditampilkan dalam iklan adalah sebuah representasi yang semu sebab iklan pada akhirnya masih menunjukkan perempuan sebagai makhluk yang dihargai dari segi penampilan dan masih membutuhkan laki-laki yang menjamin keselamatan dan keamanan mereka saat beraktivitas di malam hari.