Aktivitas KOL Management ShopeeFEED pada PT Shopee Internasional Indonesia
Main Author: | Natide Madsun, Aurelia Firsta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14657/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14657/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14657/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14657/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14657/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14657/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14657/7/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14657/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan berbelanja secara konvensional dengan pergi ke toko sudah mulai ditinggalkan. Mayoritas masyarakat lebih memilih untuk membeli produk dengan urgensi rendah di toko online, baik melalui media sosial ataupun e-commerce. Berkembangnya industri e-commerce menjadi faktor menjamurnya platform berbelanja baru berbasis internet. Untuk dapat bersaing dan bertahan sebagai yang teratas, sejumlah e-commerce terus menciptakan inovasi yang mengajak penggunanya untuk tidak hanya berbelanja, namun juga melakukan kegiatan lain untuk meningkatkan time span pengguna dalam menggunakan aplikasi. Adalah Shopee yang meluncurkan fitur ShopeeFEED, yang dicanangkan sebagai âInstagram di dalam aplikasi Shopeeâ. Adapun salah satu strategi komunikasi yang digunakan dalam mempromosikan fitur tersebut ialah dengan menggunakan Key Opinion Leader (KOL) sebagai bagian dari influencer marketing. Melalui KOL, ShopeeFEED ingin menunjukkan bahwa para influencer tidak semata-mata berbelanja di Shopee, namun juga mengunggah foto kegiatan mereka dengan mengenakan produk-produk yang bisa ditemukan dan dibeli di Shopee. Selama melaksanakan praktik kerja magang, penulis belajar banyak mengenai penerapan influencer marketing serta bagaimana membangun dan menjaga hubungan dengan KOL sebagai stakeholder melalui PR Management.