Daftar Isi:
  • Permasalahan sosial di Indonesia sangat beragam dan menjadi permasalahan yang cukup sering ditemui. Berangkat dari masalah ini, banyak bermunculan organisasi atau yayasan sosial yang membuka donasi secara rutin untuk membantu masyarakat yang membutuhkan atau mengalami bencana. Seiring dengan perkembangan zaman, media sosial menjadi wadah yang efektif dan mudah digunakan oleh suatu institusi dalam menjangkau calon donatur secara meluas dan cepat. Penggunaan media sosial memerlukan berbagai strategi dan cara penyampaian yang baik agar dapat menyukseskan kampanye atau pemasaran sosial yang diadakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram dari @Kitabisacom terhadap minat follower mereka untuk berdonasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 400 follower Instagram @Kitabisacom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sosial Instagram @Kitabisacom sebesar 31,2% terhadap minat follower untuk berdonasi.