Daftar Isi:
  • Oleh: Arvin Anggana Analisis sentimen merupakan pengolahan data tekstual yang berasal dari opini manusia, untuk mengungkapkan hal – hal yang menarik ataupun tidak menarik yang digunakan untuk mencari informasi didalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan opini masyarakat terhadap pelayanan transportasi MRT, seperti contohnya keamanan, kebersihan, dan pelayanan lainnya. Data yang diperoleh untuk penelitian ini berasal dari aplikasi Instagram dengan mengambil komentar setiap 500 post terakhir yang dilakukan oleh akun @mrtjkt dengan periode 30 Desember 2018 hingga 29 Februari 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah text mining, dengan 2 (dua) algoritma yang digunakan untuk mengukur akurasi pada setiap sentimen yang ada. 2(dua) algoritma tersebut adalah algoritma support vector machine yang digunakan sebagai algoritma utama pada penelitian ini, dan algoritma naà ̄ve bayes yang digunakan untuk menjadi pembanding algoritma support vector machine. Klasifikasi sentimen tersebut dibagi menjadi 3 yaitu positif, netral, dan negatif. Pada penelitian ini menggunakan aplikasi R Studio yang digunakan untuk mengolah data menjadi data sentimen. Selain itu aplikasi lainnya yang digunakan adalah tableau yang digunakan untuk membuat sebuah dashboard yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai sentimen pengguna MRT terhadap pelayan yang diberikan.