Penerapan Empat Elemen Storyworld Menurut John Truby terhadap Pembentukan Konflik Utama dalam Skenario Film Panjang "Underworld"

Main Author: Dewantoro, Andhito
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14625/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14625/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14625/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14625/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14625/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14625/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14625/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14625/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14625/
Daftar Isi:
  • Banyak cara yang digunakan oleh penulis skenario dalam membuat konflik pada cerita. Konflik dapat datang dari diri sendiri, oran lain, maupun juga dari dunia luar. Beberapa film drama dapat menggunakan konflik yang berasal dari dalam diri. Namun film yang bergenre science fiction akan cenderung menggunakan konflik yang berasal dari dunia karakter. Dunia karakter dalam cerita memiliki keterkaitan dengan pembentukan storyworld. Dalam hal ini, penulis ingin menggunakan storyworld sebagai konflik utama dalam cerita menggunakan metode kualitatif. Pembentukan konflik pada naskah film Underworld akan menggunakan empat elemen pembentukan dunia menurut teori Truby tentang storyworld. Konflik ini akan diterapkan oleh penulis ke dalam penulisan naskah film panjang menggunakan tipe plot 8 babak oleh Gulino.