Perancangan Visual Promosi Wisata Kuliner Batam
Main Author: | Arungsamudra Tjiu, Damai |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14599/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14599/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14599/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14599/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14599/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14599/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14599/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14599/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14599/ |
Daftar Isi:
- Batam adalah kota multikultural yang memiliki produk kuliner dengan karakteristiknya tersendiri. Kuliner Batam saat ini merupakan produk hasil akulturasi budaya Tionghoa, Melayu, dan Nusantara yang menghasilkan cita rasa yang unik. Batam juga merupakan kota dengan jumlah kunjungan wisatawan per tahun paling tinggi ketiga di Indonesia. Walaupun begitu minat wisatawan Batam terhadap kuliner khas Batam selain olahan laut saat ini masih sangat rendah. Oleh karena itu, dilakukan perancangan media yang mempromosikan wisata kuliner Batam kepada para wisatawan. Dalam penelitian ini, penulis melakukan pengumpulan data secara kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan FGD. Perancangan ini menggunakan metodologi creative advertising dan strategi promosi AISAS. Hasilnya adalah media utama berupa buku panduan wisata kuliner dan media pendukung seperti iklan ferry, iklan media sosial, iklan daring, spanduk, gimmick, merchandise, tanda pengenal, dan tempat makanan.