Pengaruh Social Influence, Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Condition, Perceived Transaction Convenience, Perceived Transaction Speed terhadap Behavioural Intention to Use Mobile Payment OVO
Main Author: | Tanjaya, William |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14569/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14569/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14569/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14569/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14569/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14569/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14569/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14569/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14569/ |
Daftar Isi:
- Pada saat ini perkembangan teknologi dan internet semakin maju dan terus berkembang dari tahun ketahun. Jumlah pengguna smartphone dan internet pun juga semangkin meningkat, sehingga aplikasi â aplikasi pembayaran mobile payment atau pembayaran elektronik pun bermunculan satu per satu. Salah satu aplikasi yang muncul di Indonesia untuk pembayaran mobile payment adalah OVO. Dengan menggunakan pembayaran mobile payment menggunakan OVO penggunanya pun bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti mempercepat transaksi, mempermudah pembayaran tanpa menggunakan uang tunai. Namun, aplikasi OVO bukan merupakan satu â satunya aplikasi pembayaran mobile payment di Indonesia. Selain itu dilihat kompetitor pun mereka memiliki keunggulannya masing â masing. Sehingga peneliti ingin meneliti dari persepsi faktor kecepatan dan kenyamanan transaksi di pembayaran elektronik OVO, Oleh karena itu peneliti ingin meneliti untuk mengungkap efek dari perceived transaction convenience (PTC) dan perceived transaction speed (PTS) pada teori penerimaan dan penggunaan teknologi (UTAUT) dalam konteks pembayaran mobile payment pada niat penggunaan dari konsumen. Penelitian ini memiliki 6 hipotesis yang akan diuji, data yang didapat dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan jawaban responden dengan kuisoner, data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian ini social influence (SI), performance expectancy (PE), perceived transaction convenience (PTC), perceived transaction speed (PTS) memiliki pengaruh positif terhadap behavioural intention (BI). Sedangkan, effort expectancy (EE) dan facilitating condition (FC) memiliki pengaruh negative terhadap behavioural intention (BI).