Perancangan User Interface dan User Experience pada Game 3D Edukasi Aksara Lampung
Main Author: | Widjaya, Nata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14566/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14566/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14566/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14566/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14566/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14566/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14566/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14566/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14566/ |
Daftar Isi:
- Penyebab utama dari pemudaran penggunaan aksara lampung adalah minat generasi muda yang berkurang dalam mempelajarinya karena kurang menarik dan terbatasnya metode dan media pengajaran. Banyak solusi interaktif yang dapat diaplikasikan sebagai metode pembelajaran agar lebih menarik dan menyenangkan, salah satu contohnya adalah educational game. Dengan menggunakan educational game, pembelajaran akan menjadi menyenangkan karena dibantu dengan berbagai mekanisme menarik, dan berbeda dengan belajar melalui buku. Dalam perancangan ini, penulis memakai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang mencakup aksara lampng, proses pembelajaran aksara lampung, desain UI/UX yang disesuaikan dengan tujuan edukasi. Lalu penulis menggunakan metode perancangan dari George Kalmpourtzis tentang educational game dan Ashley Godbold tentang desain UI/UX, yang mencakup sketsa tombol, layout, pewarnaan, dan tipografi. Dengan demikian, penulis telah merancang UI/UX dari game 3D edukasi aksara lampung untuk mempelajari penggunaan aksara lampung dengan lebih efektif melalui mekanisme puzzle. Perancangan sudah memiliki suasana yang menyenangkan saat dimainkan oleh para pemain dan pemain merasa lebih mengerti tentang aksara lampung. Untuk perancangan selanjutnya, disarankan untuk menggunakan font dengan tingkat readability yang lebih tinggi.