Strategi Social Marketing The Body Shop dalam Membangun Brand Reputation
Main Author: | Devana Hadisurya, Marcia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14560/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14560/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14560/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14560/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14560/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14560/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14560/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14560/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14560/ |
Daftar Isi:
- Isu lingkungan terus-menerus diangkat dan dibicarakan oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Eksploitasi yang dilakukan oleh manusia tidak hanya dalam peralihan lahan hutan tetapi juga pencemaran yang disebabkan sampah plastik. Akibat pertumbuhan permintaan yang banyak menyebabkan produsen berusaha untuk mencapai angka permintaan. Krisis lingkungan yang terjadi memunculkan tren baru di masyarakat. Tren back to nature banyak dimanfaatkan oleh produsen untuk menarik perhatian masyarakat terkait isu lingkungan yang sedang terjadi. Tren tersebut telah beranjak dari pola makan hingga aspek produk kecantikan atau perawatan kulit dan tubuh, hal tersebut dimanfaatkan oleh The Body Shop dengan mengedepankan produk vegetarian dan cruelty free serta dengan memadukan penerapan social marketing. The Body Shop percaya hal tersebut dapat membangun reputasi brand yang sesuai dengan visi dan misinya. Metode studi kasus yang digunakan untuk mengkaji praktik social marketing yang telah diterapkan oleh The Body Shop dapat membangun brand reputation The Body Shop dalam benak masyarakat sebagai sebuah brand yang tidak hanya mencari keuntungan dalam berbisnis tetapi juga memiliki tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan dan sesama yang dinyatakan lewat kampanye-kampanye yang dilaksanakan.