Perancangan Environment untuk 3D Game Edukasi Aksara Lampung
Main Author: | Ezer Handjaja, Joel |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14552/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14552/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14552/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14552/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14552/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14552/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14552/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14552/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14552/ |
Daftar Isi:
- Game 3D ini didesain untuk membantu remaja 12-15 tahun yang sedang belajar aksara lampung disekolah menengah pertama. Karena pola pelajaran yang monoton, siswa menengah pertama tidak tertarik dengan pelajaran aksara. Selain itu, bahasa lampung saat ini jarang digunakan oleh masyarakat sendiri dalam kegiatan sehari-hari. Ide membuat game 3D sebagai bahan tambahan pelajaran bahasa lampung muncul, karena konten visual membantu melatih memori dengan lebih mudah, meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan, koordinasi tangan-mata, dan membantu fokus. Dalam game ini konsep aksara lampung dan budaya lampung akan ditampilkan melalui environment yang berbentuk landmark dan gedung yang memiliki nilai sejarah dan budaya, sehingga siswa antusias dalam belajar aksara dan budaya lampung lebih mudah dan terhibur. Metode penelitian yang digunakan dalam laporan ini diambil dari buku Alex Galuzin yang berjudul " How to Create a map in 11 Days ". Galuzin menggunakan metode planning, Visual, & Finishing, berupa data kuantitatif dan kualitatif dengan melakukan user test sebanyak 2 kali, untuk tujuan mengumpulkan teori dan informasi dasar tentang pembuatan environment. Sehingga didapat hasil perancangan berupa environment game yang dapat diaplikasikan pada game âLUWAGHâ