Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membantu pekerjaan di berbagai bidang. Hal ini berdampak ke perusahaan-perusahaan baru atau biasa disebut startup. PT Renovasi Indonesia Satu yang memiliki anak perusahaan RenovAsik merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang renovasi dan pembangunan. PT Renovasi Indonesia Satu mengandalkan Customer Relationships Management sebagai strategi komunikasi pemasaran mereka untuk mempertahankan loyalitas pelanggan maupun menarik pelanggan baru untuk menggunakan jasanya. Sama seperti startup pada umumnya, RenovAsik memanfaatkan eksistensi media sosial sebagai sarana melakukan CRM. Dalam praktiknya, CRM yang dilakukan oleh RenovAsik adalah follow up pelanggan dan calon pelanggan, memberikan konsultasi kepada pelanggan dan calon pelanggan, dan memberikan layanan after sales. CRM RenovAsik dilakukan lewat media sosial, seperti Instagram, Whatsapp, dan website RenovAsik.com. Perusahaan menggunakan database yang terkumpul di situs admin RenovAsik yang kemudian diolah untuk pengelolaan hubungan pelanggan. Database didapat dari hasil simulasi yang dilakukan oleh pelanggan dan calon pelanggan di halaman situs Renovasik.com/simulasi. Simpulan dari praktik kerja magang yang dilakukan adalah CRM sangat berguna bagi perusahaan startup dan bermanfaat cukup baik bagi PT Renovasi Indonesia Satu sebagai reminder pelanggan untuk menggunakan jasa RenovAsik kembali.