Daftar Isi:
  • Kawasan Pecinan Semarang adalah salah satu situs bersejarah peninggalan era Kota Pusaka Semarang Kuno yang di dalamnya masih banyak sekali terdapat peninggalan kultural yang terdiri dari arsitektur, makanan, dan nuansa yang kental dengan suasana kekeluargaan ala Tiongkok. Tetapi sayangnya, banyaknya aset kultural yang terdapat di dalam Kawasan Pecinan Semarang kurang terlalu dikenal karena masyarakat mengira di Kawasan Pecinan Semarang hanya terfokus pada Pasar Malam Semawis saja. Dengan adanya Pasar Malam Semawis sebetulnya bukan menjadi suatu masalah. Kendalanya terdapat pada kurang tereksposnya aset lain sehingga kesadarnya masyarakat mengenai keberadaan aset kultural bersejarah lainnya sangatlah minim. Maka dari itu, melalui riset dan proyek Tugas Akhir ini, penulis memilih untuk mendalami perihal destination branding untuk Kawasan Pecinan Semarang. Harapannya adalah menciptakan identitas visual yang memperkenalkan bahwasanya Kawasan Pecinan Semarang adalah sebuah kawasan bersejarah yang terintegritas yang di dalamnya terdapat kekayaan budaya dan filosofi yang bisa memperkaya pengetahuan para pendatang yang bersinggah ke Kawasan Pecinan Semarang.