Daftar Isi:
  • Kesadaran masyarakat Jabodetabek akan polusi cahaya masih rendah. Padahal polusi cahaya menghadirkan berbagai dampak negatif, baik terhadap kelestarian lingkungan maupun kesejahteraan masyarkat. Untuk mengatasi polusi cahaya, langkah awal yang harus dilakukan adalah memperkenalkan masyarakat akan isu ini dengan usaha menyebarkan informasi. Namun pemanfaatan media informatif konvensional seperti media berita dan kegiatan kampanye belum menjangkau masyarakat Jabodetabek secara merata dalam usaha memperkenalkan polusi cahaya. Oleh karena itu perancangan media informatif dalam bentuk mobile game dapat menjadi alternatif untuk menarik minat masyarakat Jabodetabek terhadap isu polusi cahaya. Perancangan UI/UX dibutuhkan untuk mendukung kualitas pengalaman bermain mobile game. Rumusan masalah pada laporan Tugas Akhir ini adalah bagaimana cara merancang UI/UX untuk mendukung pengalaman bermain mobile game dan menyebarkan informasi seputar polusi cahaya. Adapun metode yang diterapkan dalam proses perancangan UI/UX dalam proyek Tugas Akhir ini adalah Design Thinking dari Stanford d. School. Dengan dirancangnya game informatif mengenai polusi cahaya, diharapkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat Jabodetabek selaku target perancangan dapat berkembang secara luas.