Evaluasi User Experience Website Knowledge Center Universitas Multimedia Nusantara
Main Author: | Khairunisa, Afifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14485/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14485/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14485/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14485/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14485/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14485/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14485/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14485/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14485/ |
Daftar Isi:
- Website Knowledge Center adalah website yang menyimpan koleksi digital UMN seperti tesis sarjana, laporan magang, video dan lain-lain. Berdasarkan dari hasil survey kuesioner yang telah dijalani, website Knowledge Center diketahui dianggap tidak mudah digunakan, membutuhkan waktu untuk menjelajahi website, rumit dan perlu membiasakan diri sebelum menggunakannya. Maka dari itu ingin dilakukan evaluasi UX pada website ini. UX atau User Experience adalah bagian dari sebuah website yang memegang peran penting untuk meningkatkan peforma dan kualitas website. Salah satu cara untuk mengukur UX dengan melakukan usability testing karena akan mengetahui bagian mana pengguna paling banyak merasa bingung dan tidak efisien. UX harus meningkatkan kepuasan pengguna dengan harus meningkatkan usability. Penelitian kali ini akan melakukan evaluasi UX pada website Knowledge Center dengan usability testing menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil dari evaluasi adalah website mendapatkan nilai dibawah dari standar SUS dan hasil dari prototype perbaikan menunjukkan bahwa prototype terbukti lebih mudah digunakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perbaikan pada prototype berhasil membuat UX Knowledge Center lebih baik.