Daftar Isi:
  • Sebagai mahasiswa jurusan Visual Branding Design Universitas Multimedia Nusantara, penulis harus memiliki bekal untuk dapat mengikuti dan memiliki pengetahuan tentang berjalannya industri kreatif di masa berkembangnya era digital ini. Maka dari itu, penulis diwajibkan melaksanakan praktik kerja magang. Penulis memilih untuk melaksanakan praktik kerja magang di sebuah creative consultant agency yang bergerak di bidang desain dan strategi komunikasi, yakni Studio 1212. Perusahaan ini merupakan salah satu creative agency yang berbasis di Jakarta Selatan. Dalam perkembangannya sejak tahun 2007, Studio 1212 memiliki individuindividu yang memiliki latar belakang dan pengalaman berbeda-beda dalam mengeksplorasi minat dan bidangnya masing-masing, baik itu di bidang seni, musik, budaya, desain, teknologi, komunikasi, dan masih banyak lagi. Studio 1212 juga menjadi wadah bagi para pekerjanya untuk dapat melatih kreativitas mereka dalam ranah personal project. Maka dari itu, Studio 1212 menjadi salah satu creative agency multi-disiplin yang mampu meraih cangkupan proyek yang luas. Hal ini lah yang menjadi daya tarik penulis untuk melaksanakan praktik kerja magang di Studio 1212. Selain sebagai syarat kelulusan untuk mendapatkan gelas sarjana, penulis juga telah mempelajari proses kreatif dalam bidang yang luas. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana penulis mendapatkan proyek-proyek yang diberikan Studio 1212. Banyak pengalaman dan ilmu dari segi teknis maupun materi, yang penulis dapatkan selama berproses di Studio 1212. Adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan seluruh karyawan bekerja dari rumah, tidak menjadi halangan bagi penulis untuk tetap belajar dan membekali diri agar siap menghadapi dunia kerja nyata di berkembangnya era digital ini.