Analisis Strategi Corporate Communication Kompas Gramedia dalam Mengembangkan Citra Perusahaan di Era Disrupsi
Main Author: | Liwensky Rustandi, Vivian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14411/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14411/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14411/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14411/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14411/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14411/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14411/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14411/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14411/ |
Daftar Isi:
- Indonesia saat ini berada pada era teknologi dan informasi yang berkembang sangat pesat. Berbagai disrupsi teknologi telah terjadi di segala bidang kehidupan, salah satunya komunikasi. Akibatnya, masyarakat maupun pelaku bisnis telah banyak beralih pada media baru yang terhubung dengan internet. Kompas Gramedia sebagai perusahaan yang awalnya bergerak sebagai perusahaan media cetak telah melakukan tranformasi pada laman digital. Kompas Gramedia telah melebarkan sayapnya ke delapan industri bisnis yang berbasiskan teknologi sebagai wujud transformasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra yang ingin dibentuk oleh Kompas Gramedia sebagai perusahaan yang telah melakukan transformasi untuk merespon keadaan disrupsi, serta untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh departemen Corporate Communication Kompas Gramedia dalam mengembangkan citra perusahaan tanpa mengubah visi, misi, value dan personality perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data indepth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Communication Kompas Gramedia menciptakan strategic communication plan untuk membangun citra baru perusahaan, mulai dari research, objectives, segmentation, targeting & postioning, menciptakan key message, strategi dan melakukan eksekusi. Strategi yang diciptakan secara online maupun offline dengan mengangkat tema besar, yaitu âBerkolaborasi untuk Indonesiaâ.