Daftar Isi:
  • Oleh: Nathania Vera Aristya Salah satu tren kecantikan yang sedang terjadi di Indonesia adalah pengunaan produk berbahan alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Hal ini menyebabkan terjadinya persaingan khususnya dalam bidang bisnis perawatan kulit dan kecantikan. Persaingan yang semakin ketat mendorong setiap merek harus mampu membangun serta mempertahankan loyalitas merek hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi serta faktor apa yang paling mempengaruhi terbentuknya loyalitas merek hijau The Body Shop. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan bersifat eksplanatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 339 sampel. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa faktor-faktor seperti citra merek hijau (32,3%), kepuasan konsumen hijau (43,5%), harga hijau (38,6%), kesadaran merek hijau (35,9%), serta kepercayaan merek hijau (46,7%) dapat mempengaruhi terbentuknya loyalitas merek hijau The Body Shop. Selain itu, kepercayaan merek hijau menjadi faktor yang paling mempengaruhi loyalitas merek hijau jika dibandingkan dengan faktor lainnya yang diteliti dalam penelitian ini.