Strategi Social Media Marketing dalam Membangun Brand Engagement Perusahaan Kosmetik Lokal: Studi Kasus Akun Media Sosial Blp Beauty

Main Author: Shania Tedjadiono, Chrissensia
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14375/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14375/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14375/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14375/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14375/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14375/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14375/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14375/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14375/
Daftar Isi:
  • Oleh: Chrissensia Shania Tedjadiono Pada era globalisasi, industri kosmetik lokal dituntut untuk bekerja keras dengan mengembangkan ide kreatif lewat berbagai platform media sosial. BLP Beauty sebagai brand kosmetik pertama yang didirikan oleh seorang beauty influencer Elizabeth Christina Parameswari atau yang lebih dikenal dengan Lizzie Parra pada tahun 2016 merupakan contoh nyata salah satu brand kosmetik lokal yang berusaha untuk mengembangkan ide kreatif guna meningkatkan komunikasi pemasaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi social media marketing BLP Beauty sebagai perusahaan kosmetik lokal dalam membangun brand engagement menggunakan media sosial Instagram dan Facebook. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Informan penelitian ini terdiri dari 3 orang, dan data sekunder diperoleh dari artikel hasil pemberitaan media, jurnal, buku, serta dokumen yang berasal dari media sosial milik BLP Beauty. Konsep dan teori yang digunakan pada penelitian ini meliputi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Social Media Marketing, Beauty 4.0 dan Brand Engagement. Dari akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa dua akun media sosial BLP Beauty yang terdiri dari Instagram dan Facebook terbukti efektif untuk membangun brand engagement dengan target audience yang dituju. BLP Beauty yang digunakan dalam strategi juga sudah sesuai dengan konsep Social Media Strategy Wheel milik Chatal Quinn. Ada pula aspek yang diperhatikan dalam membangun brand engagement meliputi menciptakan interaksi antara brand dengan audiens, memuat konten yang terkait dengan kehidupan sehari-hari, dan mengemas informasi secara menarik melalui visual yang dimuat pada media sosial Instagram dan Facebook BLP Beauty.