Implementasi Corporate Social Responsibility PT Bank Maybank Indonesia Tbk dalam Mengelola Reputasi (Studi Kasus Program Maybank RISE)
Main Author: | Monica Setiawan, Aurelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14371/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14371/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14371/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14371/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14371/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14371/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14371/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14371/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14371/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan dalam melangsungkan kegiatannya memiliki keharusan untuk menjalankan Corporate Social Responsibility sebagai bentuk tanggungjawab terhadap masyarakat. Kegiatan Corporate Social Responsibility perusahaan apabila dikomunikasikan dengan tepat juga dapat mempengaruhi reputasi perusahaan tersebut. Kenyataannya, perusahaan sebagai good corporate citizen tidak dapat mempertahankan kelangsungan bisnis tanpa berkontribusi lebih terhadap masyarakat. Oleh karena itu, Maybank senantiasa melaksanakan program-program Corporate Social Responsibility yang membantu meningkatkan daya hidup lingkungan. Salah satu program milik Maybank adalah Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (RISE). Melalui program tersebut, Maybank berharap dapat merangkul kaum marjinal seperti penyandang disabilitas dan komunitas terpinggirkan agar dapat mandiri secara finansial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Konsep utama penelitian adalah mengenai Corporate Social Responsibility dan reputasi. Teknik pengumpulan data untuk penelitian diperoleh dari wawancara mendalam serta studi dokumen yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa program RISE yang dilaksanakan oleh Maybank kurang sesuai dengan standar CSR Process Model. Perusahaan dalam mengkomunikasikan program RISE kepada pemangku kepentingan seharusnya memanfaatkan lebih banyak kanal. Hasil penelitian juga menunjukkan untuk mengelola reputasi perusahaan, Maybank dalam setiap program Corporate Social Responsibility selalu melakukan media engagement serta stakeholder engagement.