Implementasi Corporate Social Responsibility PT Pertamina Hulu Energi (ONJW) dalam Membangun Citra Perusahaan (Studi Kasus Program 5R++)

Main Author: Adyarini, Saphira
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14352/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14352/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14352/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14352/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14352/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14352/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14352/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14352/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14352/
Daftar Isi:
  • Oleh: Saphira Adyarini Setiap perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya alam memungkinkan pemberian dampak bagi lingkungan sekitar sehingga harus melakukan tanggung jawab sosial sosial lingkungan seperti yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007. Salah satu perusahaan yang diangkat adalah Pertamina Hulu Energi (ONWJ) atau PHE-ONJW yang program CSR-nya berhasil mendapatkan proper emas. Program 5R++ yang bekerja sama dengan Yayasan Kumala berfokus pada pengembangan anak jalanan dan pendaurulangan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CSR PHE-ONWJ dalam membangun citra perusahaan. Konsep yang digunakan adalah corporate communication, CSR, konsep citra, teori stakeholders, teori legitimasi, dan teori kontrak sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus eksplanatori dengan paradigma post-positivist. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Program CSR 5R++ dari PHE-ONWJ dilakukan dengan menggunakan enam tahap dari Adi dan Huraerah, walau belum sampai tahap termination dan aftercare. Tujuan dari dilaksanakannya CSR ini adalah mengembangkan dan memberdayakan Yayasan Kumala sampai menjadi mandiri melalui sejumlah proses pelatihan dan pengembangan dalam rangkaian kegiatan 5R++. Dengan pelaksanaan yang didasari oleh kontrak sosial dan komunikasi CSR yang cukup baik, PHE-ONWJ telah mampu membangun citra yang positif dan berhasil mendapatkan legitimasi dari penerima manfaat.